Sabtu, 14 April 2012

PROFESI-PROFESI dalam Bidang IT

PEKERJAAN DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi terbagi dalam 3 kelompok berdasarkan bidangnya, yaitu:
1. Perangkat lunak (Software), baik yang merancang system operasi, database maupun system aplikasi. Pekerjaan-pekerjaannya antara lain:
a. System analis: merupakan orang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasi, yaitu menganalisa kelebihan dan kekurangan, desain system yang akan dikembangkan.
b. Programmer: merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analisis, yaitu membuat program sesuai system yang telah dianalisa sebelumnya.
c. Web designer: merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, yaitu termasuk pula menganalisis dan mendesain suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
d. Web programmer: merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan dari seorang web designer, yaitu membuat program yang berbasis web sesuai dengan desain yang sudah dirancang oleh seorang web designer.
2. Perangkat keras (Hardware). Pekerjaan-pekerjaannya antara lain:
a. Technical Engineer: orang yang terlibat dalam bidang teknik mengenai pemeliharaan serta perbaikan perangkat system computer.
b. Network Engineer: orang yang terlibat dalam bidang teknik jaringan computer.
3. Operasional Sistem Informasi. Pekerjaan-pekerjaannya antara lain:
a. EDP Operator: orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan elektronik data processing dalam perusahaan.
b. System Administrator: merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki wewenang menggunakan hak akses terhadap system, serta yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system.
c. Mis Director: merupakan orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah system informasi.
10 PROFESI IT
1. Teknisi Komputer
Tugasnya adalah mempelajari hardware computer dan system operasi dengan target yaitu mampu mengatasi kerusakan computer, selain itu tugasnya adalah merakit computer dan penyelamatan data. Garis besar pekerjaan/tugas, yaitu:
a. Pengenalan komponen
b. Perakitan
c. Disk Operating System
d. Instalansi Sistem Operasi Windows
e. Instalansi Program Aplikasi
f. Utilities & trouble shooting software
g. Maintenance Sistem
h. Backup & Recovery (penyelamatan data)
i. Trouble Shooting Hardware
j. Maintenance hardware
2. System Analis
System analis adalah orang yang menganalisis system dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasi pemecahan yang beralasan. Nama lain dari system analis adalah system designer, business analyst, system consultant, system engineer, software engineer, system analyst programmer, information system engineer.
a. Tanggung jawab analis system tidak hanya pada pembuatan program computer saja, tetapi pada system secara keseluruhan.
b. Pengetahuan analis system harus luas, tidak hanya pada teknologi computer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya.
c. Pekerjaan analis system melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas pada sesame analis system, programmer tetapi juga pemakai system dan manajer.
3. Programmer
Programmer adalah orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analis.
a. Tanggung jawab programmer terbatas pada pembuatan program computer.
b. Pengetahuan programmer cukup terbatas pada teknologi computer, system computer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.
c. Pekerjaan programmer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang, terbatas pada sesama programmer dan analis system.
4. Web Database Administrator
Adalah seseorang yang memiliki tugas merancang, merawat dan emngupdate system-sistem database. Bahasa pemrograman yang harus dikuasai untuk keperluan tugasnya adalah SQL.
5. Network Specialist
Bertanggung jawab mendesain jaringan system computer dan mengamankan semua computer dari virus jaringan dan ancaman dari hacker.
6. Operator
Dalam pengelolaan instalansi computer analis/perancang harus memperhatikan tata letak computer/server dan arus kerja departemen TI. Tugas seorang operator diantaranya adalah merancang ruang lingkup kerja atau ruang lingkup dimana computer/server tersebut dioperasikan.
7. Konsultan
Seorang konsultan bertanggung jawab sebagai pelaksana implementasi, yaitu memberikan training, konsultasi dan memberikan solusi kepada client dalam hal penerapan software aplikasi. Seorang konsultan harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, sehingga dapat menerima konsultasi dan memberikan penjelasan dalam hal penerapan software aplikasi dengan baik.
8. Project Managers
Project Management Unit bertujuan untuk mewujudkan tujuan-tujuan pembangunan dan pengembangan secara optimal.
9. Administrator
Aktivitas utama dari seorang administrator antara lain pengoperasian, pengontrolan, dan pengoptimalan system. Administrator memelihara dan mengotrol system dan infrastruktur yang ada pada pihak pemakai.
10. Adviser
Adviser memposisikan di diri di daerah irisan antara proses dan profit aktivitas yang berbeda. Adviser menjadi penghubung antara produsen dan pemakai dalam hal teknis atau komersial

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More