Selasa, 24 Juli 2012

Mengaktifkan Tombol Enter Di Visual Basic

Inilah Cara bagaimana mengaktifkan tombol enter di visual basic 6.0
Para programmer pemula pada umumnya mengandalkan tombol tab untuk berpindah antar komponen dalam form, namun ada waktunya programmer menginginkan hasil sempurna dalam program yang mereka hasilkan, akhirnya kebanyakan memutuskan untuk mengganti penggunaan tombol enter untuk menggantikan fungsi tombol tab.
Pertimbangan lainnya adalah untuk membuat program menjadi lebih user friendly, karena kebanyakan program berbasis desktop/windows memanfaatkan tombol enter untuk berpindah antar komponen.
Nah supaya pembahasannya lebih singkat kita langsung ke listing programnya. Listing program ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6 dan Delphi (sengaja saya buat dalam dua bahasa, agar anda mudah untuk membedakan dan memahami prosesnya).
Untuk contoh kasusnya, misalnya nih, kita punya form dengan desain seperti ini:
form
Nah sekarang ceritanya nih, kita mau setelah kita isikan text nama, kemudian kita tekan enter, maka cursor akan set focus ke text usia. Nah yang kita harus lakukan adalah memberi listing pada txtnama, tepatnya pada event on_keypress dengan menterjemahkan nilai penekanan tombol enter menjadi nilai ascii (Enter=13).
Listingnya  sebagai berikut:
Visual Basic 6:

Private Sub txtnama_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii = 13 Then txtusia.SetFocus
End Sub
Nah kalau sudah silahkan dicoba kebenarannya ya.
Selamat mencoba dan Semoga Berguna

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More