Kamis, 28 Juni 2012

CONTOH STUDI KASUS PROYEK IT

STUDI KASUS PROYEK IT
(Coretan Mahasiswa UNIM) Di bawah ini diberikan Sebuah Studi Kasus Proyek IT tentang pengembangan dan  pembangunan sebuah jaringan komputer. Dari kasus tersebut akan dibuat sebuah project charter sebagai langkah awal pelaksanaan proyek.

KASUS: Upgrade Jaringan Komputer
Jaringan komputer sebuah perusahaan terdiri dari 380 PC memakai OS win/95; 11 server win/NT; dan 5 server Novell NetWare;
Manajemen perusahaan memutuskan untuk meng-upgrade OS semua PC menjadi Win XP, dan semua server, termasuk server NetWare, menggunakan Win 2000 Server.
Nama proyek: upgrade sistem operasi menuju Win XP dan Win server 2000 dalam lingkungan UKM.
Sponsor proyek           :           Rektor UKM, CISCO Networking.
Manajer proyek           :           kepala NOC (Network Operation Center)
Tim kerja proyek         :           Network Operation Center.
Tujuan proyek             :           Semua OS PC akan di-upgrade ke Win XP pada akhir   tahun (20 Des 2003) ini. Semua server akan di-upgrade ke Win 2000 server pada akhir tahun depan (20 Des 2004).

Kasus bisnis
win 95 telah digunakan selama 5 tahun terakhir ini dalam mengelola bisnis perusahaan.
Namun saat ini telah ada produk baru yang memiliki kemampuan jauh lebih baik: Win XP.
Pekerjaan akan lebih produktif, terkendali, aman, dan lebih user-friendly.
Berorientasi teknologi baru spt: jaringan infrared, dan teknologi web-based dalam menunjang informasi di perusahaan.
Menggantikan server yang ada dengan multi-processors server yang ditunjang oleh teknologi win 2000 adv. server.
Win 2000 Adv. Server membantu user dalam menemukan sumberdaya dalam jaringan komputer perusahaan, meningkatkan kinerja jaringan, dan pengamanan yang memadai.

Hasil proyek yang akan dicapai:
Instalasi Win XP pada setiap PC
Instalasi Win 2000 pada setiap server yang ada.
Seluruh instalasi akan selesai pada 20 Des 2004.

Penjadwalan kasar:
Jun:
start test metode pengembangan, menginventarisari applikasi setiap pemakai PC, menulis scripts untuk proses pemindahan applikasi nantinya.
Agust:
memulai penggantian (100 user). Mencoba, mendokumentasikan problem dan pemecahannya. Mulai desain Win 2000 Server.
Okt:
Mulai pelatihan Win XP bagi calon user.
Sementara itu Win XP mulai diinstalasi pada PC mereka.
Mengecek masalah-masalah yang mungkin ada, dan helpdesk (support) bagi user.
Pengetesan tiga server dengan Win 2000.
Des:
Penyelesaian instalasi Win XP.
 Mulai menginstalasi Win 2000 Server dan membangun infrastrukturnya (utk server-server yang baru) dan inventarisasi problem serta penyelesaian.
Instalasi untuk server lainnya dimulai.
Pembangunan infrastruktur diperkirakan memakan waktu satu tahun. 20 Des 2004 keseluruhan proyek selesai.


Sumberdaya proyek:
Perkiraan biaya: Rp. 800 juta. (termasuk biaya software baru, XP, win 2000, lisensi, konsultan, pelatihan).
Laboratorium pengetesan akan dibooking penuh selama 5 bulan.
Konsultansi dari CISCO Networking Consultancy.

Anggaran Kasar
Variabel
Harga
Total
Win xp (PC Client)
364 * $ 100
$ 36400
Win server 2000(PC Server)
16 * $ 120
$ 1920
Perbaikan ruang server
16 * $ 500
$ 8000
Pembelian Lisensi Soffware-software Lain
380 * $ 50
$ 19000
Biaya Lain-lain
$ 1000
$ 1000

Permasalahan
Hasil dari studi kasus yang saya baca dari studi kasus proyek Upgrade Jaringan Komputer Adalah
1.      Pihak pengelola tidak memiliki rencana dan mekanisme yang jelas untuk menghadapi ganguan, seperti pemilihan Mahalnya Harga Software yang kompatible dengan windows Xp.
2.      Apabila melakukan upgrade sebuah sistem oprasi Maka diperlukan juga upgrade hardware untuk dapat mengoptimalkan kerja dari sistem operasi tersebut dan disini pihak pengelola juga tidak memberikan perencanaan yang jelas untuk masalah itu. Dan jika ugpgrade hardware tidak di lakukan maka dapat di pastikan Waktu untuk penggantian win 95 menjadi win Xp di 364 PC, Akan Menjadi sangat lama dan pasti akan sangat berpengaruh pada kinerja komputer sendiri.  Jika proses loading komputer semakin lama maka akan berpengaruh pada pekerjaan itu, dan perusahaan akan mengalami kerugian yang sangat besar tentunya.
3.      ganguan skala kecil pada jaringan komputer seperti serangan virus, serangan cracker, kerusakan hardware atau gangguan infrastruktur lainnya

Solusi Penyelesaian Masalah
1.      untuk server kita cukup menggunaka Microsoft Office, karena sudah di lengkapi dengan MS Acces yang nantinya akan di gunakan untuk server database pada perusahaan itu. Dan untuk komputer client kita cukup menggunakan software yang tak berbayar saja, Misalnya Open Office, firefox, Dll
2.      Memang solusi yang mungkin di lakukan adalah menganggarkan dana sebesar $12000 untuk mengupgrade processor dan memory pada komputer server dan client dan sudah termasuk biaya perpanjangan waktu proyek. Karna hal ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan proyek ini
3.      Untuk menghindari komputer dari serangan virus dan cracker, maka perlu membeli lisensi dari antivirus yang Tangguh pastinya, Misalnya AVG, AVIRA, AVAST DLL, Atau bahkan kalo perlu kita Menggunakan Frozen Software untuk client, Dan membeli linsensi security bila sangat di perlukan.

1 komentar:

Jika Anda memiliki masalah keuangan, sekarang saatnya Anda tersenyum. Anda hanya perlu menghubungi Bpk. Benjamin dengan jumlah yang ingin Anda pinjam dan periode pembayaran yang sesuai untuk Anda dan Anda akan memiliki pinjaman dalam waktu kurang dari 48 jam. Saya hanya mendapat manfaat untuk keenam kalinya pinjaman 700 ribu dolar untuk jangka waktu 180 bulan dengan kemungkinan membayar sebelum tanggal kedaluwarsa. Lakukan kontak dengannya dan Anda akan melihat bahwa dia adalah orang yang sangat jujur dengan hati yang baik. Surelnya adalah lfdsloans@lemeridianfds.com dan nomor telepon WhatApp-nya adalah + 1-989-394-3740

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More